10 Cara Mengasah Otak Agar lebih Tajam

10 Cara Mengasah Otak Agar lebih Tajam

Mungkin kalian sedang mencari-cari gimana sih caranya supaya pintar, cepat nangkap ilmu, saya akan membagikan 10 cara mengasah otak agar lebih tajam, simak berikut ini.

Cara Mengasah Otak


Otakatiksini- Mungkin kegiatan ini jarang dilakukan di kalangan negara indonesia.

Bagaimana sih caranya supaya pintar?

Bentar saya akan menjelaskan apa itu Otak terlebih dahulu.

Otak adalah bagian terpenting dalam tubuh. Hampir semua aktivitas pada tubuh di atur oleh Otak, Tidak hanya pada tubuh saja yang butuh dilatih.

Otak juga butuh dilatih agar kemampuannya semakin terasah, Otak yang sering dilatih dapat memberikan banyak keuntungan.

Keuntungan? Keuntungannya apa saja ya?

Banyak sekali, yang paling penting meningkatnya daya ingat.

Mau mau, Tapi bagaimana cara melakukannya?

Seperti yang sudah ada di judul diatas, saya akan memberikan Caranya Mengasah Otak Agar Lebih Tajam.

Oke langsung aja yuk ke yang nomer 1.

1. Berjemur




Otak merupakan bagian terpenting dalam tubuh. Semua aktivitas yang kita lakukan semua dikontrol oleh Otak.


Ada kesalahan jika seseorang berpikir bahwa otak tidak perlu dilatih. Jika otak tidak dilatih, kemampuan otak akan menurun.

Tentu saja kamu bisa mengenal teman kamu, tetapi tidak tau namanya, banyak sekali orang seperti itu, alhamdullilah saya tidak.

Itu merupakan faktor negatif jika otak kamu tidak dilatih.

Salah satu cara mudah untuk melatih otak agar lebih tajam adalah dengan berjemur.

Kenapa dengan Berjemur bisa memberikan efek otak agar lebih tajam?

Karena, tubuh dan otak kita membutuhkan yang namanya Vitamin D. Nah, sinar matahari ini bisa membantu kita mendapatkan Vitamin D tersebut.

Untuk Tubuh, Vitamin D dapat memberikan manfaat positif bagi kulit, Untuk Otak, Vitamin D dari sinar matahari langsung bisa mempertajam otak dan mencegah penuaan otak.

Tetapi gengs, Vitamin D ini memiliki banyak kekurangan.

Jadi jangan terlalu banyak mengonsumsi Vitamin D.

Apa saja Kekurangannya, jadi Kepo, Kalian bisa langsung saja klik link ini ya: Akibat Kurang Vitamin D Bagi Kesehatan Tubuh

Link tersebut saya kasih, karena point-pointnya langsung dan singkat padat jelas, saya tau kebanyakan orang indonesia malas membaca. Pisss.

2.Rajin Mencatat




Dulu konon katanya, Jika ada orang yang sering mencatat sesuatu apapun itu di buku, itu tandanya adalah orang yang pelupa.


Kan dulu, apalagi konon.

Justru itu dengan mencatat, bisa juga membantu seseorang untuk melatih daya ingat supaya lebih tajam.

Setiap orang pasti memiliki caranya sendiri-sendiri supaya bisa mengingat kembali apa yang telah dia pelajari.

Mulai dengan metode: Tulisan, Grafik, Menggaris bawahi kalimat, Bahkan bisa juga dari gambar dan foto.

Semua metode tersebut bebas kamu milih yang mana yang enak, tergantung dengan pribadi setiap orang.

3. Meditasi




Hidup akan selalu dipenuhi dengan masalah dan masalah setiap orang tentu berbeda-beda.


Terus-menerus akan ada masalah, bisa saja membuat orang menjadi jengkel, karena masalahnya tidak selesai-selesai.

Jika sudah jengkel, pikiran kita menjadi pusing, mumet dan akhirnya yang kita lakukan atau kita kerjakan akan menjadi berantakan.

Untuk bisa menjadi tenang, santai, damai dan hilang dari rasa penat, Meditasi adalah salah satunya.

Otak yang penat pastinya akan membuat segala hal menjadi berantakan, termasuk Mood.

Meditasi tidak cuma bisa membuat pikiran menjadi rileks, tetapi meditasi bisa membuat otak kita bisa bekerja dengan lebih maksimal.

4. Bermain




Bagi orang tua mungkin bermain adalah dampak negatif bagi anak-anaknya.


Orang tua dari dulu sampai sekarang mengajarkan pada anaknya bahwa kalau ingin pintar maka harus sering-sering belajar dan membaca.

Teori tersebut memang tidak salah, tetapi jangan terus dipaksakan, ukur dulu kemampuan dan batasan setiap anak-anak, jangan sampai dicekokin dengan belajar terus-menerus.

Belajar terus-menerus bisa membuat anak menjadi stres, bukannya pintar malah kemungkinan besar bisa menjadi stres.

Bukan dikalangan rumah atau sekitar keluarga saja, tetapi sekolah pun juga, terutama guru.

Apakah anak mampu mengerjakan sedemikian banyaknya PR?

Tentu saja, tidak, belum dari pelajaran ini, PR banyak, belum dari pelajaran ini juga, sampai-sampai menumpuk.

Hidup itu harus seimbang. Belajar bukan satu-satunya cara untuk membuat otak menjadi lebih tajam, bermain juga bisa membuat otak menjadi berkembang.

Tetapi jangan berlebihan juga, bisa-bisa membuat kamu kecanduan, sampaii-sampai pelajaran ditinggalkan, itu tidak baik juga.

Permainannya harus diperhatikan juga.

Permainan apa aja sih yang bisa membuat otak bisa lebih tajam?

Diantaranya ada Puzzle, Catur, Tebak gambar, serta tebak kata.

Bosen lah main permainan game jadul.

Kamu juga bisa bermain game online, untuk meningkstkan sosialisasi dengan orang diluar sana, tetapi ingat jangan sampai keseringan bisa membuat kamu kecanduan.

5. Mendengarkan Musik




Tentu saja semua orang menyukai musik, di saat senggang atau bahkan ketika mandi, banyak orang memilih bernyanyi ataupun mendengarkan musik.


Hayo sapa sih yang nggak nyanyi ketika mandi?

Ngaku aja, pasti kamu pernah ngelakuin hal itu, saya pun juga pernah kok.

Memang musik memberikan pengaruh yang luar biasa, tidak hanya mood, otak pun juga.

Sejumlah ilmuwan berpendapat bahwa mendengarkan musik bisa mempertajam otak.

Kok bisa?

Tentu saja, tetapi alangkah baiknya kamu mendengarkan musik barat atau musik inggris, alangkah lebih baiknya lagi mendengarkan lagu klasik.

Kenapa?

Lagu klasik itu di klaim, bisa mengaktifkan otak tengah atau yang disebut "mesencephalon".

Bukan hanya lagu klasik juga kok yang bisa, Al-Qur'an pun juga bisa, kamu lihat saja experiment orang barat diluar sana ketika mendengarkan alunan Al-Qur'an.

Mendengarkan musik dikatakan mampu memanggil sejumlah memori yang tersimpan di otak.

6. Makan Makanan Bergizi




4 Sehat 5 Sempurna, masih ingat nggak dengan kalimat tersebut?


Tentu saja dong ingat, pelajaran pas TK itu mah hehe.

Tahukah kalian semua bahwa ada sejumlah makanan yang bisa membuat otak bisa berfikir lebih jernih.

Setiap makanan pasti memiliki nutrisi dan manfaat yang berbeda-beda, contohnya saja wortel, Wortel mengandung Vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata kalian.

Kok mata sih? Kan ngebahas Otak.


Iya juga ya.

Lalu makanan apa yang bisa membuat otak bisa lebih tajam?

Makanan tersebut antara lain gandum, minyak ikan, tomat, blueberry, labu, dan terutama belut laut.

Mungkin kamu penasaran apa sih kandungan belut laut?

Kalian bisa membacanya disini ya, kalau kalian membaca nya disini pasti jadi boring.

Linknya: 23 Manfaat dan Khasiat Ikan Belut Laut Untuk Kesehatan

7. Membaca Buku




Tidak ada salahnya jika memiliki hobi membaca buku, buku komik kek, buku pelajaran kek, pokoknya membaca buku, ataupun yang baru-baru ini webtoon.

Baca juga:7 Rekomendasi Komik Komedi Yang Ada Di Aplikasi Webtoon

Untuk Orangtua, perhatikan buah kecil anda untuk jangan sampai membaca bacaan dewasa oleh anak kecil.

Membaca buku bukan cuma bisa membuat rileks, apalagi baca komik, tetapi juga bisa menjadi cara untuk mengasah otak agar lebih tajam lagi.

Hasil riset menunjukkan bahwa rajin membaca buku bisa melatih imajinasi, tentu saja ini bagus untuk melatih otak untuk menciptakan gambaran dari apa yang telah dibaca.

Anies Baswedan kan pernah baca buku apa saja, kecuali yang megandung Sara atau Pornografi, 30 menit saja sebelum memulai pembelajaran disekolah.

Tujuan tersebut bukan hanya untuk membiasakan anak untuk membaca, tetapi untuk melatih otak agar lebih tajam lagi.

Mungkin banyak membaca membuat kamu bete, caranya supaya tidak bete dirumah bagaimana?

Kamu bisa melakukan 6 Tips Membunuh Bete Jika ada di Rumah apalagi jika liburan panjang, pastinya anda merasa bosan di rumah, jadi klik link tadi, dijamin ampuh deh.

8. Lakukan Sesuatu Yang baru




Melakukan hal yang sudah sering kita lakukan bukanlah hal yang menyenangkan, karena sudah terbiasa melakukannya, sudah tidak ada lagi tantangan yang ada.


Misalhnya saja kamu sudah mahir dalam berbahasa inggris,  Karena sudah terbiasa bisa menulis dan berbicara menggunakan bahasa inggris dengan lancar, maka tidak ada lagi yang perlu dipelajari.

Aminnn...

Sedangkan otak kan harus perlu diasah, kalo sudah mahir gimana  ngasahnya lagi?

Sudah mahir berbahasa inggris, kenapa tidak mencoba berbahasa lainnya, seperti jepang, korea, jerman, dll.

Seperti saya jurusan RPL, kalau sudah dengan bahasa pemrograman apapun itu kenapa tidak mencoba membuat game, aplikasi android, dan membuat desain web.

Aminnn...

Seperti itu terus menerus mencoba hal yang baru membuat otak akan terus dilatih untuk terbiasa dalam mempelajari hal-hal yang positif.

9. Olahraga




Olahraga merupakan salah satu faktor penting supaya tubuh tetap fit dan sehat, kebanyakan orang malas berolahraga karena terlalu sibuk.


Padahal olahraga rutin diperlukan tidak hanya untuk membakar lemak saja, tetapi juga bisa mengasah otak agar lebih tajam lagi.

Olahraga bisa membuat otak menjadi cerdas?

Hal tersebut sudah terbukti dari sejumlah penelitian yang telah dilakukan, Olahraga Secara rutin bisa meningkatkan Fungsi Otak dan saraf.

Setiap berolahraga bisa membantu regrenerasi otak, Sel otak yang semulanya mati bisa diperbaharui lagi dengan sel yang baru.

Olahraga yang lagi booming pun sekarang "Lari."

Olahraga lari bisa meningkatkan kemampuan otak, Mau tau manfaat lari kok bisa meningkatkan kemampuan otak?

Link: Studi: Lari Pagi Membuat Otak Lebih Cerdas

10. Istirahat



Istirahat merupakan poin penting, banyak orang yang gile kerja demi mendapatkan uang sehingga lupa denga istirahatnya.

Ada juga orang yang demi mendapatkan tubuh ideal, menghabiskan waktu di gym, dan lupa dengan yang namanya istirahat.

Sadarlah bahwa tubuh kita itu butuh yang namanya istirahat.

Tidak cuma manusia saja, robot, atau gadget deh gausah jauh-jauh juga butuh yang namanya istirahat.

Stres dan pembaharuan sel tubuh yang rusak, semua terjadi ketika manusia sedang berisitirahat, Jangan korbankan jam tidurmu untuk hal-hal yang tidak berguna.

Oke itu saja mungkin yang bisa saya sampaikan, tentang ulasan artikel ini.

Jika kalian suka dengan artikel yang saya buat, jangan ragu-ragu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu semua.

Dan jangan lupa cantumkan email kamu di kolom subscribe, dan klik deh subscribe untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari kami langsung ke email kamu.

Terimakasih dan mohon maaf jika ada kesalahan kata ataupun menyinggung perasaan anda.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Saya adalah pemuda yang suka membagikan tips dan trik yang bermanfaat untuk pembaca, pencapaian nya adalah sukses di usia muda, aamiin.
z