Cara Melatih Otak Kanan dan Otak Kiri dengan Maksimal

Cara Melatih Otak Kanan dan Otak Kiri dengan Maksimal

Cara melatih otak kanan dan kiri secara maksimal itu susah-susah gampang, hanya perlu konsistensi, mau liat selengkapnya? langsung aja yuk klik link artikel ini.

Cara melatih Otak Kanan dan Kiri


Otakatiksini- Mungkin ada beberapa orang yang pintar dan ada pula orang yang kurang pintar.


Jadi gimana sih caranya memaksimalkan Kepintaran kita?


Kamu perlu bermain saja kok, nggak lebih.

Bermain, kan bermain bikin pikun.

Oke saya akan menjelaskan dulu ya fungsi Otak kanan itu apa dan Otak kiri itu apa.

Otak kanan fungsinya yaitu:


  • Mengontrol Tubuh Bagian Kanan  (Jelas)
  • Musik dan Seni
  • Penyatuan
  • Subyektifitas
  • Imajinasi
  • Intuisi
  • Kreatifitas
  • Emosi
Nah mungkin kalian orang emosian nih atau gampang marah, yang harus kamu lakukan yaitu mengontrol Otak bagian kanan.

Nah yang kiri untuk apa dong?

Otak Kiri Fungsinya yaitu:
  • Mengontrol Tubuh Bagian Kiri (Jelas)
  • Keterampilan angka-angka
  • Matematika
  • Obyektifitas
  • Berbicara
  • Logika
  • Pertimbangan
  • Menganalisa
  • Menulis
Nah yang ngga suka dengan matematika, atau  benci atau tidak tau sama sekali pelajaran matematika, kalian perlu mengontrol Otak bagian kanan.

Jadi gimana sih Otak kanan dan Otak Kiri menjadi seimbang?

Seperti yang saya bilang tadi, Bermain, Bermain tersebut bukan bermain seperti Game pada PC (Personal Computer), laptop, ataupun Konsol.

Bermain yang saya maksud adalah bermain menggunakan logika, jadi cara bermainnya gimana dong?

Oke sebelum membahas ke soal permainan, alangkah baiknya kita mengenal dulu caranya melatih Otak kanan dan Otak kiri.

Yang tadi kan Fungsinya tuh, sekarang Cara melatihnya.

Cara melatih Otak kanan dan Otak kiri:

1. Kamu hanya perlu bertanya "Apakah ada cara yang lain selain itu?"

Maksudnya, Jika kamu bertanya dengan kalimat tersebut, Dengan begitu otak kira akan dipacu             untuk mencari cara atau sumber alternative yang terbaik.

Contoh:

Jika kamu memasang gas elpiji, dan tidak tau, apa yang kamu lakukan?

Masak termenung kan nggak dong, pasti mencari solusi yang terbaik.

Kamu mencari cara ke-1, dan caranya kurang efisien dan ribet atau susah.

Kamu mencari cara ke-2, dan caranya harus memakai alat, yang artinya kamu disuruh beli di situs   website tersebut.

Kamu mencari cara ke-3, dan caranya kamu tidak perlu memakai alat, caranya efisien,                         penjelasannya    mudah dimengerti.

Dari 3 cara tersebut kamu mau makai cara yang mana?

Yang pasti cara ke 3 dong, karena penyajian nya sangat efisien, dan pastinya caranya jitu.

Ya seperti itulah kamu melatih otak kanan kamu, dengan cara yang ke 1.

Kita lanjut ke cara yang ke 2 ya.

2. Melatih otak kanan dengan memainkan permainan-permainan mental dan menggunakan logika.

Kurang jelas?

Oke kamu hanya perlu memainkan Puzzle, Catur, Rubik, Dll.

Kenapa?

Karena dengan memainkan hal-hal tersebut bisa mengatur atau melatih otak dan emosi kamu.

So, kamu yang ingin logikanya dan emosinya berkembang, langsung aja bermain permainan-permainan tersebut.

3. Melihat kesalahan dan kegagalan sebagai modal dan langkah awal untuk memperoleh keberhasilan dan kesuksesan.

Maksudnya?

Jangan ngeluhh aja kerjaannya, capek lah, gini lah, hal-hal itu tidak akan memperoleh kesuksesan yang akan datang.

Kerjakan apa yang diperintahkan, jangan banyak alasan, semua alasan itu nggak akan memperoleh kamu untuk menjadi orang yang sukses.

Ngerti kan, jadi tinggalkan semua alasan mu atau sekalian buang saja alasan kamu, untuk menjadi lebih baik lagi.

4. Mencari Hobi baru.

Bukannya hobi itu dilakukan sesuai kemauan hati kita, dan nggak dipaksakan?


Saya tanya lagi, kamu baca di artikel ini buat apa? buat melatih otak kan, mangkanya jika ingin pintar atau ingin sukses, carilah hobi baru.

Tantang otak kamu untuk belajar keterampilan baru atau hal-hal yang belum pernah kamu lakukan atau pelajari sebelumnya.

Contoh:


  • Jika kamu bukan seniman, cobalah untuk belajar seni melukis, pahat, dll.
  • Jika kamu bisa memainkan gitar, cobalah untuk belajar memainkan drum.
Bisa kan, gampang kok, semua orang tidak ada yang tidak bisa, kecuali orang itu tidak mau melakukannya.

5. Membiasakan aktif pada Tangan kiri/ kidal dan juga Tangan kanan.

Jika biasanya kamu minum menggunakan tangan kiri, maka gunakan lah tangan kanan, begitu pula sebaliknya.

Contoh lainnya:
  • Menulis
  • Menggosok Gigi
  • Cuci Muka
  • Dll.
Menurut Franklin Institute, jenis latihan ini dapat memperkuat hubungan saraf yang ada dan bahkan membentuk saraf baru.

Sebenarnya masih ada banyak latihan untuk melatih otak kanan dan otak kiri, jika dimasukkan semuanya disini, bisa puyeng kepala kamu.


Oke kita akan lanjutkan ke materi untuk bermainnya bagaimana.

Caranya mudah aja sih, ngga perlu kuota internet, Gadget, maupun internet, jika kalian ngga tau gimana cara memainkannya sih liat youtube atau google bisa kok.

Mungkin caranya disini nggak terlalu detail-detail amat kok, pokoknya ngerti lah.


Cara melatih Otak Kanan dan Otak Kiri


Latihan Otak kiri dan Otak kanan:

1. Eight Game.


Pernah menulis angka delapan kan?


Semua pasti bisa kok haha, pertanyaan yang ngga berbobot juga, hehe.

Pura-puralah menulis angka delapan tidur atau simbol di udara dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama.

Tujuannya apa? nanti sama orang dikira gila lagi.

Tujuannya adalah untuk menyeimbangkan saraf motorik kiri dan saraf motorik kanan.

Waktu untuk bermainnya pada saat apa?

Waktu yang baik yaitu setelah sarapan, selama 2 menit setiap hari lo.

2. Thumb Game.

Acungkanlah jempol pada tangan kiri dan kelingking pada tangan kanan, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kanan, begitu pula sebaliknya.


Acungkan jempol tanga kanan dan kelingking tangan kiri, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke kiri.

Ribet ya, iya kali ini emang ribet hehe.

Pernah main adu jempol gak?

Seperti jika tangan jempol kamu di bawah jempol lawan kamu berarti kalah.

Tujuannya yaitu, menyeimbangkan saraf motorik kiri dan saraf motorik kanan.

Waktu bermainnya pada saat apa?

Sama kok, seperti yang ada di atas yaitu setelah makan siang, selama 2 menit setiap hari, kalo ini perlu bantuan teman kamu, untuk menjadi lawan bermainmu.

3. Pattern Game

Cara bermainnya yaitu dengan menggambar pola-pola tertentu diatas kertas kosong, dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama, kearah dalam, luar, atas, dan bawah.

Tujuannya untuk menyeimbangkan saraf motorik kiri dan saraf motorik kanan, permainan unik ini juga dapat menggali potensi visual.

Waktu bermain, selama 2 menit setiap hari, minimal 2minggu atau 14 hari berturut-turut.

4. Specific Cwarl

Cara bermainnya yaitu gerakkan tangan kanan serentak dengan kaki kiri, kemudian balaslah , gerakkan tangan kiri serentak dengan kaki kanan.

Tujuannya untuk menyeimbangkan saraf motorik kiri dan saraf motorik kanan, gerakan ini membuat pikiran kita terbuka terhadap hal-hal baru.

Waktu bermain, selama 10 menit setiap hari, minimal 2minggu atau 14 hari berturut-turut.

5. Rotated Reading

Cara bermainnya lumayan susah-susah gampang, yaitu balikkan sebuah tulisan (atas bawah), lalu bacalah tulisan tersebut dari kanan ke kiri.


Waktu bermainnya hanya 2 menit sehari.

Sebenarnya masih banyak sekali game-gamenya, kalau ingin melihat keseluruhannya bisa diliat disini:
Lanjutan jenis-jenis game melatih otak 

Jika kalian suka dengan artikel yang sudah saya ulas, jangan lupa klik share di samping kanan, dan cantumkan email anda dan kirim di kolom subscribe.

Terimakasih dan mohon maaf jika ada kesalahan kata atau dapat menyinggung perasaan anda.



Advertisement

Baca juga:


Your Reactions:

Admin
Saya adalah pemuda yang suka membagikan tips dan trik yang bermanfaat untuk pembaca, pencapaian nya adalah sukses di usia muda, aamiin.