Cara Mengatasi Harddisk Penuh Dan Mengoptimalkan Laptop Atau Komputer

Cara Mengatasi Harddisk Penuh Dan Mengoptimalkan Laptop Atau Komputer

Harddisk laptop anda penuh atau laptop anda lemot? sangat gampang sekali caranya untuk mengatasi 2 masalah berikut, untuk lebih lanjut silahkan klik...

Cara mengatasi Harddisk penuh


Mungkin ada beberapa kendala di laptop atau komputer anda sehingga penyimpanan menjadi full atau penuh, misalnya aplikasi yang anda download sudah tidak terpakai lagi, dan lupa untuk meng-uninstallnya.


Kebanyakan orang itu salah untuk meng-uninstal aplikasi, biasanya aplikasi atau icon yang terdapat pada desktop itu anda hapus, itu hanya shortcutnya saja bukan aplikasinya. Oke saya akan memberitahu anda setelah cara menghapus file-file yang sudah tidak terpakai atau yang biasa dikenal dengan file sampah.

Berikut caranya untuk menghapus file sampah:


1. Disk Cleanup


Disk cleanup merupakan aplikasi atau program bawaan dari operasi sistem "Windows", bagi anda-anda semua yang menggunakan OS Windows bajakan maupun originalnya tidak ada masalah dan terus mengikuti langkah-lagkahnya.


Cara Pertama:


Anda bisa mencari di search lalu ketikkan disk cleanup, gambarnya seperti ini:



Cara mengatasi Harddisk penuh


Nah setelah di klik akan muncul kotak seperti ini:



Cara mengatasi Harddisk penuh


Dan tinggal pilih saja, penyimpanan yang mana yang ingin anda bersihkan:




Setelah itu tinggal tunggu mungkin agak lama untuk laptop anda jarang dibersihkan, gambarnya seperti ini:



Cara mengatasi Harddisk penuh


Setelah anda tunggu akan muncul kotak lebih besar lagi seperti gambar ini:



Cara mengatasi Harddisk penuh



Anda centang semua, jangan khawatir itu semua file sampah tidak akan ada yang hilang file-file anda, kecuali anda hapus sendiri.


Setelah itu anda klik Ok dan akan ada peringatan untuk apakah anda ingin menindak lanjuti menghapus file-file sampah ini, jangan ragu langsung saja klik "Delete Files", gambarnya seperti ini:



Cara mengatasi Harddisk penuh



Setelah itu tunggu beberapa menit, gambarnya seperti pertama tadi, dan selesai, masih ada cara lainnya kok, cara ini lumayan susah ya tergantung orangnya sih lebih suka cara yang mana atau anda ingin menambah ilmu juga boleh kok.


Cara Kedua:


Maaf sebelumnya jika tidak ada gambar, anda bisa mengikutinya secara perlahan-lahan, seperti ini caranya:

  1. Buka Folder atau yang biasa dikenal dengan file explorer
  2. klik kanan pada drive C atau drive D atau yang lainnya
  3. setelah itu anda cari "Properties" biasanya terletak pada bagian paling bawah
  4. klik "properties" kemudian cari yang namanya " Disk Cleanup" pada menu "General"
  5. Selesai, dan prosesnya persis seperti diatas.
Saya ada masalah satu lagi nih, yaitu pada saat saya buka aplikasi, disitu kadang terasa lama sekali saat dibuka, itu masalahnya kenapa?

Nah pada saat anda membuka atau menaruh aplikasi atau data, biasanya anda menaruhnya bukan di tempat asalnya, seperti anda salah jalan contohnya GPS masih mencari jalan lain untuk bisa menemukan jalan tersebut.

Disaat itulah program akan mencari file yang anda taruh bukan ditempat asalnya, yang menyebabkan saat membuka aplikasi tentu saja akan lama saat dibuka. caranya seperti apa? kita akan membongkar caranya supaya file-file tersebut diletakkan kembali ditempat asalnya. Cara ini tidak jauh beda dengan Disk Cleanup, tetapi lain nama yaitu "Disk Defragment".

Disk Defragment

Disk Defragment adalah program bawaan dari windows, jika anda user atau pengguna Macbook atau iMac, silahkan cari saja di google, karena saya kebetulan masih menjadi user Windows.

Disk Defragment sendiri berguna untuk menata ulang file-file pada tempatnya, fungsinya yaitu supaya aplikasi yang anda buka sudah responsive dan cepat tentunya. Jika tidak kenal dengan Disk Defragment, biasa dikenal dengan maintance nya komputer.

Caranya yakni seperti berikut:

Anda bisa ketikkan kata kuncinya "Def" atau "Disk Defragment" juga boleh, nanti anda akan menemukan program seperti gambar dibawah ini:



Setelah itu anda klik program tersebut, dan akan muncul kotak seperti gambar dibawah ini:



Nah setelah itu anda bisa pilih Drive mana yang ingin ditata ulang, misalnya seperti C atau D atau yang lainnya.



Setelah dipilih anda klik Analyze, tunggu sampai prosesnya sudah selesai, seperti gambar dibawah ini:




Setelah sudah selesai silahkan klik Optimize, seperti gambar dibawah ini:




Perlu diingat ya:

Pengerjaan pada disk defragment tidak bisa dikerjakan dalam 2 drive atau 3 drive dalam satu waktu, hanya bisa dikerjakan 1 drive saja, dan proses pada drive C memang membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi jangan khawatir jika terjadi bug, itu memang dari sananya.
Perlu diingat juga:
Jika sering digunakan, 1minggu atau 2minggu sekali, kenapa? jika anda semua membuka sebuah browser, 1x saja sudah menyimpan file sampah, apalagi ber kali-kali, pastinya banyak dong. Jadi saran jika ada waktu luang sebaiknya laptop atau komputer anda lakukan maintance.

Sampai disitu saja, mudah-mudahan laptop anda selalu awet, jika ada masalah bisa diliat di artikel disini:  13 Cara Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama, Terbukti!


Terimakasih sudah membaca artikel saya mudah-mudahan bermanfaat, silahkan share ke teman-teman atau kerabat-kerabat anda.


Jika ada masalah silahkan berkomentar dibawah ini, jika ada kesalahan kata dan dapat menyinggung perasaan anda mohon dimaafkan.

Advertisement

Baca juga:

Admin
Saya adalah pemuda yang suka membagikan tips dan trik yang bermanfaat untuk pembaca, pencapaian nya adalah sukses di usia muda, aamiin.
z