4 Manfaat dan Bahaya Melakukan Sauna Untuk Tubuh

4 Manfaat dan Bahaya Melakukan Sauna Untuk Tubuh

Sauna merupakan kegiatan yang dibilang sangat banyak manfaatnya, dan ada juga kerugiannya, mau tahu apa saja manfaat dan bahaya melakukan sauna? Langsung aja klik, untuk membaca selengkapnya.


Siapa sih yang nggak mau sehat, nggak mau kurus, nggak mau badannya bagus?


Siapa coba?

Oke gimana sih biar 1 paket itu dikerjakan hanya dalam 1 kegiatan saja?  pasti anda semua berpikiran untuk minum pil pembakar lemak, minum susu (Low-Fat), dan lain sebagainya. Semua itu salah loh ya.

Anda tau dengan SAUNA? pastinya dong tau, bentuknya seperti kemah dan didalamnya terdapat api unggun, dan terdapat bak mandi yang berisikan air hangat. Tujuannya itu untuk apa sih?

Oke nggak jauh-jauh dengan yang pertama tadi untuk kurus, untuk badannya bagus, untuk sehat, awet muda, dan lain sebagainya. Itu semua bisa anda lakukan dengan mengikuti kegiatan "Sauna".

Terus selain itu apa saja manfaatnya "Sauna"?

1. Sauna Membuat Rambut Lebih Sehat

Selain mengeluarkan keringat ternyata sauna bisa membuat rambut kita menjadi sehat secara alami, kok bisa?. Kita mempunyai kalenjar khusus yang disebut kalenjar sebaceous, kalenjar ini menyebabkan atau membuat rambut kita menjadi lembab.

Menghabiskan waktu di Sauna akan mengaktifkan kalenjar sebaceous, yang berfungsi untuk menyehatkan rambut kita tampak lebih sehat dibandingkan memakai zat kimia apapun. Dan mengikuti kegiatan sauna tidak membuat uang anda menipis, karena harga untuk ke sauna itu lumayan murah.

Dalam satu kegiatan ini akan membuat anda lebih sehat lagi, bukan hanya menyehatkan rambut anda tetapi masih banyak lagi kesehatan lainnya, mau tahu apa saja? Yuk langsung aja simak kesehatan lainnya.

2. Sauna Membuat Anda Lebih Awet Muda

Seperti yang sudah saya katakan tadi ya, Sauna membuat anda lebih awet muda. Dalam organ tubuh kita, salah satunya yang penting adalah organ kulit, Nah selain olahraga teratur sauna menjadi cara yang bagus untuk melatih kulit kita.

Saat kita beranjak lebih tua, akan kemungkinan banyak sel-sel mati yang akan menumpuk pada pori-pori kulit kita, sehingga membuat kulit kita menjadi kurang elastis. Bagaimana cara kerjanya? Sauna akan meningkatkan aliran darah ke kulit kita, yang artinya membantu pertumbuhan kulit yang baru dan juga akan menghapus sel-sel yang mati pada kulit kita.

Minyak juga merupakan pelembab alami dan antibiotik pada kulit kita, bisa juga dilakukan dengan kegiatan sauna. Ini sudah terbukti oleh semua orang yang mengiikuti kegiatan sauna.

3. Sauna Membantu Menurunkan Berat Badan

Nah bagi anda-anda semua yang memiliki badan tidak idealis atau juga bisa dibilang gendut, anda bisa juga melakukan kegiatan sauna, Kenapa?. Selama mandi sauna detak jantung anda akan meningkat secara substansial karena panas yang begitu kering.

Kurang percaya jika sauna bisa menurunkan berat badan anda?. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa pada sesi waktu kurang lebih 20 menit, dengan suhu kurang lebih 75 derajat celcius akan membakar lebih dari 500 kalori yang menumpuk pada tubuh atau badan anda.

Anda tidak perlu lari, skipping, dan olahraga apapun. Kenapa? Karena dengan adanya sauna anda hanya duduk manis atau mandi di dalam bak yang berisikan air panas, detak jantung anda sudah meningkat secara substansial. 

4. Sauna Juga Berfungsi Untuk membuang Racun

Yang jelas bukan racun dunia loh ya, yang dimaksud adalah racun dalam tubuh, hehe nggak usah serius juga bacanya.

Untuk membuang racun, mengeluarkan keringat menjadi salah satu caranya, tetapi untuk berkeringat harus ada sinar matahari, ataupun olahraga. Anda tidak perlu olahraga ataupun berjemur di bawah sinar matahari, dengan adanya sauna anda hanya perlu duduk ataupun mandi di bak yang berisikan air hangat.

Dengan adanya panas yang sangat kuat dengan suhu sampai dengan 75 derajat celcius, kita bisa mengeluarkan racun ataupun keringat didalam sana dengan hanya duduk manis saja, enak kan?.

Yang perlu diperhatikan saat mengikuti Sauna

Masih banyak manfaat lainnya dari mengikuti kegiatan Sauna ini, tetapi masih ada yang perlu di perhatikan lagi, jangan membawa ibu hamil, atau ibu-ibu yang sedang hamil jangan ikut sauna dulu, Kenapa?. Karena akan mengalami gangguan saluran pada pernafasan.

Dan jika anda mengalami seperti: mual, pusing, dan mengalami kesulitan pada pernafasan atau sesak nafas, sebaiknya segera pergi ke rumahsakit atau ke dokter.


Oke terimakasih telah membaca artikel saya, semoga bermanfaat bagi anda semua. Jika ada kesalahan kata dan menyinggung perasaan anda mohon dimaafkan.


Jika anda semua suka dengan artikel yang sudah saya ulas, tidak ada salahnya dong dishare dan disubscribe disamping artikel ini.


Advertisement

Baca juga:


Your Reactions:

Admin
Saya adalah pemuda yang suka membagikan tips dan trik yang bermanfaat untuk pembaca, pencapaian nya adalah sukses di usia muda, aamiin.