Cara Melamar Pekerjaan pada Bidang Desainer Grafis

Cara Melamar Pekerjaan pada Bidang Desainer Grafis

Cara melamar pekerjaan pada bidang desainer grafis, umumnya orang sangat takut untuk melamar pekerjaan dibidang desain grafis, kali ini saya akan memberikan tips dan trik cara melamar pekerjaan pada bidang desain grafis

Image from: Jobplanet

Skill mendesain sudah ada, alatnya sudah ada, cuman bagaimana caranya mendapatkan pekerjaan yang layak buat Anda-anda sekalian yang mempunyai keahlian dalam mendesain sesuatu?.


Oke saya akan memberikan daftar-daftar pekerjaan yang layak untuk Anda-anda semua dimulai dari beginner hingga professional, Klik link berikut ini: Belajar Desain Grafis

Bekerja pada desainer grafis, merupakan pekerjaan susah-susah gampang sebenarnya, untuk bekerja pada bidang desainer merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi sebagian orang, terutama bagi sebagian orang.

Kebanyakan orang memilih pekerjaan sebagai desainer grafis itu untuk menyalurkan hobi dan bakatnya untuk bisa menghasilkan uang. Pekerjaan paling enak adalah pekerjaan yang diselingi dengan hobi.

Tetapi caranya melamar pekerjaan pada bidang desainer seperti apa?.

Oke saya akan memberikan Tips melamar pekerjaan pada bidang desainer grafis.

TIPS MELAMAR PEKERJAAN PADA BIDANG DESAINER GRAFIS.

1.Tulislah Surat Lamaran dengan Baik dan Benar

Pada langkah ini sangatlah penting, biasanya dalam menulis surat lamaran itu diselingi dengan rasa gerogi, apalagi tulisannya typo. Bukan hanya typo tulisannya saja tetapi bisa saja kalimatnya terbalik, penggunaan bahasanya.

Hal ini bukanlah hal sepele, hal ini akan berdampak pada konten grafis Anda, yang menyebabkan diri Anda akan dinilai kurang teliti oleh atasan.

Jadi teliti ulang ya dalam memberikan surat lamaran pada atasan.

2. Ceritakan pengalaman Anda dengan jujur

Jika sebelumnya Anda sudah melamar pekerjaan pada bidang desainer grafis lebih baik ceritakan dengan jujur kenapa Anda berhenti pada pekerjaan sebelumnya, tanpa harus melebih-lebihkan.

Karena atasan lebih berpengalaman daripada pengalaman Anda. Nada Anda pun juga harus lemah lembut jika menceritakan pengalaman Anda.

Untuk meyakinkan perusahaan tersebut, ungkapkan saja bahwa Anda ingin mendapatkan dan ingin menghadapi tantangan kerja yang lebih susah. Disitu Anda juga harus siap apa yang diperintah oleh atasan atau klien.

3. Presentasikan Karya yang Sudah Anda Buat dengan Jelas dan Informatif

Banyak desainer pemula yang hanya bisa mendesain, tetapi belum menguasai bagaimana cara menyampaikan karya mereka dengan baik dan informatif.

Dan paling banyak yaitu rasa gugup, cara melawan rasa gugup yaitu Anda harus berbicara dengan kaca. Jadi rasa gugup yang tadi sudah dihapus dan digantikan dengan rasa percaya diri.

Bukan hanya penyampaikan karya saja tetapi Anda harus menceritakan susah dan senang dalam mendesain. Satu lagi  perusahaan ingin mengetahui cara Anda bekerja secara sistematis dan mengetahui proses pembuatan karya kreatif yang sudah Anda bikin.

Jelaskan dengan jelas dan jangan bertele-tele.

4. Pilih Karya Terbaik dan Kreatif Dalam Portfolio Anda    

Bikinlah Karya yang semenarik mungkin dan sesuai kemampuan Anda. Usahakanlah semaksimal mungkin dan jangan terlalu dipaksakan. Portfolio merupakan sesuatu yang sakral bagi seorang desainer grafis.

Portfolio lah yang akan dinilai nanti dalam pelamaran kerja. Jangan terlalu banyak menampilkan portfolio, jadi pilihlah halaman-halaman kreatif dan bagus yang ingin dilihat oleh perusahaan tersebut

Biasanya desainer memberikan banyak halaman didalam portfolio supaya menambah nilai pada pelamarannya, ada juga tetapi ada yang tidak semuanya tergantung pada perusahaannya.

5. Negosiasikan Gaji yang Layak dan Sesuaikan dengan Kemampuan Anda

Dimanapun Anda ingin melamar pekeraan,  Anda akan diberikan informasi tentang jumlah gaji yang akan Anda dapatkan. Sebaiknya jangan menawar harga yang terlalu tinggi untuk pemula.

Namun bagi Anda yang sudah mempunyai banyak pengalaman dan sudah menjadi Profesional, Anda boleh menegosiasikan gaji tinggi pun tidak masalah. Tetapi sekali lagi liat dulu skill yang anda punya.

Bekerja pada desainer grafis harus dihargai dan diapresiasi, jadi jangan ragu untuk memilih pekerjaan ataupun berkuliah pada jurusan desainer grafis.

Refrensi: http://saveasbrand.com/6-hal-penting-saat-melamar-kerja-sebagai-desainer-grafis/
Advertisement

Baca juga:

Admin
Saya adalah pemuda yang suka membagikan tips dan trik yang bermanfaat untuk pembaca, pencapaian nya adalah sukses di usia muda, aamiin.
z